Air Putih Miliki Manfaat Penting bagi Ibu Hamil

Topik Tips & Trik

Air Putih Miliki Manfaat Penting bagi Ibu Hamil

TopikIndo.com – AIR putih memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh dan kesehatan. Selain untuk menjaga kondisi tubuh, juga mengobati penyakit serta membuang racun pada tubuh. Manfaat lain jika rajin mengkonsumsi air putih adalah untuk menjaga janin pada ibu hamil.

Tubuh manusia yang terdiri lebih dari 70 persen cairan, membuat kebutuhan akan air sanggat tinggi. Manusia pada umumnya diwajibkan meminum delapan hingga sepuluh gelas atau dua liter air perhari.

Demikian juga dengan ibu hamil. Kebutuhan cairan pada tubuh ibu hamil lebih banyak dibandingkan orang lain pada umumnya.

“Ibu hamil membutuhkan cairan yang lebih banyak. Hal ini dilakukan agar ibu hamil tidak terkena dehidrasi,” kata Dokter Erva Anggriana.

Dokter cantik ini mengatakan ibu hamil yang mengalami dehidrasi dapat berakibat fatal. Selain membuat janin menjadi lemah, juga dapat membuat keguguran.

Karenanya, ia menyarankan ibu hamil untuk menambah porsi air putih. Terlebih bagi ibu yang mengalami muntah berlebih saat mengandung. “Cegah jangan sampai dehidrasi. Terlebih untuk ibu hamil,” ujarnya.

Dirinya mengingatkan kebutuhan cairan pada manusia berbeda setiap individu. Faktor seperti aktivitas, kelembapan cuaca, dan suhu lingkungan membuat kebutuhan mengkonsumsi air putih pun berbeda.

Berdasar penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan Universitas Pennsylvania Amerika Serikat. Manusia yang rajin mengkonsumsi air putih delapan gelas perhari, tidak menjamin kesehatan. Bahkan jika dikonsumsi terlalu banyak, air putih dapat mengakibatkanhipotermia,di mana, zat natrium pada tubuh menjadi terlalu encer.

“Lebih baik menyesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan. Jangan kurang dan juga berlebihan,” tutupnya.

Komentar
To Top