Apa Itu Rush Money Isu 2511 dan Dampaknya Bagi Indonesia

Topik Bisnis

Apa Itu Rush Money Isu 2511 dan Dampaknya Bagi Indonesia

Rush Money merupakan suatu gerakan yang menarik uang secara bersama – sama dari tabungan masing – masing, dan dengan jumlah yang besar, bahkan ada juga yang berada di tabungan atau Bank di habiskan sampai tidak ada sisa lagi.

Untuk mengingatkan semua oranng terkait dengan Rush Money, agar mulai saat ini setiap orang pengguna media sosial harus lebih bijak lagi, jangan sampai seseorang menyebarkan atau membagikan sesuatu yang kita sendiri tidak mengetahui hal tersebut.

Setiap orang agar tidak terburu – buru menyebarkan informasi terkait dengan masalah Rush Money yang terdengar belakangan ini. istilah ini lebih sering muncul pasca aksi damai yang dilakukan pada 4 November 2016 lalu. dimana sejumlah ormas Islam menuntut gubernur Ahok.

Setelah kejadian tersebutlah muncul istilah Rush Money yang kabarnya akan dilakukan oleh rakyat Indonesia apabila proses hukum yang dilakukan kepada dugaan penistaan agama tidak berjalan sesuai dengan hukum yang adil.

Sementara itu, untuk pengertian dari aksi Rush Money merupakan gerakan menarik uang yang ada di bank sebanyak – banyaknya untuk tujuan mengguncang perekonomian dari dalam negeri. Ini tujuannya untuk menjadi sebuah motiv lantaran kecewa terhadap pemerintah.

Atau bisa juga lantaran ada sejumlah pihak asing yang sengaja menyulutnya untuk menghancurkan kestabilan perekonomian suatu negara. Dampak dari Rush Money dalam hal ini dibagi menjadi tiga dampak yang penting.

Yang pertama adalah dampak ekonomi, dimana jika aksi ini dilakukan maka akan timbul kekacauan dalam sistem perbanka. Pihak bank akan mengalami kekurangan uang cash yang akan menyebabkan gejolak ekonomi.

Yang kedua adalah dampak sosial, dengan adanya bank yang sedang kacau maka akan timbul sejumlah keresahan yang ada di masyarakat. Hal ini akan menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pihak pemerintah khususnya Bank Indonesia.

Yang ketiga adalah politik, dimana dengan adanya gerakan Rush Money, maka para politik leader yang menjadi pendukung pemerintah bisa saja menarik konsensus untuk menarik dukungan pemerintah yang sah.

Jika Rush Money akan dilakukan maka bahaya yang timbul bahakan krisis yang terjadi di era 90an dapat terulang kembali.

TopikIndo Sharing

Ingin menulis di TopikIndo.com? Kirimkan ke redaksi@topikindo.com
1. Lengkapi dengan biodata singkat dan akun Twitter di bawah tulisan
2. Minimal 900 kata, ditulis pada file Ms. Word
3. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun (blog, website, forum, dll)
4. Tambahkan alamat lengkap dan nomor HP (tidak dipublikasikan)

Komentar
To Top

Pin It on Pinterest