Benarkah Hanya Pencitraan? Deretan Menteri Jokowi Tertidur Lelap di Bangku

Topik Nusantara

Benarkah Hanya Pencitraan? Deretan Menteri Jokowi Tertidur Lelap di Bangku

Akhir-akhir ini menjadi tren menteri pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tampak tengah tertidur karena kelelahan.

Mereka menjalani aktivitas yang cukup padat di kementrian hingga tak bisa menahan rasa kantuk yang menerjang. Ini sungguh manusiawi dan bisa terjadi pada siapa saja termasuk kita yang bukan seorang menteri.

Beberapa sosok menteri berikut ini tertidur dan menjadi heboh di media sosial, ada yang menganggap para menteri hanya mencari popularitas dan pencitraan semata.

Kalau letih dan kantuk sudah tak tertahankan, seorang pejabat negara sekelas menteri pun bisa tidur di mana saja, termasuk menggelosor cuek di bangku bandara.

Menteri yang terlihat pertama tertidur di tempat publik adalah Ignasius Jonan yang saat itu masih menjabat sebagai Dirut PT KAI.

Di mana saat itu saat dipimpin oleh Jonan, perusahaan berplat merah itu menuai banyak kemajuan dengan memperbaiki kinerja yang sebelumnya melempem.

Berikut ini kami rangkum menteri-menteri yang tidur di ruang publik dan fotonya menjadi viral di media sosial:

1. Khofifah Indar Parawansa

Foto Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang tersebar di medsos yaitu saat ia tertidur di ruang tunggu penumpang Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

Foto tersebut untuk pertama kali diunggah pada Senin (12/6), oleh salah seorang staf di Kementerian Sosial lewat akun Instagram miliknya @chsaldy.

Sementara kejadiannya pada Minggu, sekitar pukul 11.00 WIB.

Dalam foto tersebut, tampak Khofifah tertidur pulas tanpa melepaskan kaos kakinya dengan ditutupi kain panjang bermotif batik.

Tas travel berwarna ungu digunakannya sebagai bantal kepala.

‘Foto ini diambil hari Minggu sekitar pukul 10.55 di Bandara Juanda, Surabaya. Karena pesawatnya masih lama, Ibu Khofifah nyuri waktu buat tidur,’ tulis akun tersebut.

2. Susi Pudjiastuti

Hampir bersamaan dengan Mensos Khofifah, foto Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga viral di media sosial. Foto ini diunggah oleh akun Facebook Jim B Aditya.Tampak Menteri Susi tidur menyamping dengan dengan berbantal kedua tangannya, di sebuah kursi.

Jim menyebut tempat sebuah VIP Lounge Bandara JFK, New York. Menteri Susi disebutnya kelelahan setelah sehari sebelumnya tampil di acara konferensi PBB mengenai kelautan di New York, Amerika Serikat.

‘Tetap sehat dan jangan putus asa mengurusi negara yang hampir amburadul oleh para koruptor ini Bu Susi,’ tulis Jim.

Foto ini diunggah Minggu (11/6). Foto menteri yang banyak dikagumi ini viral dan mendapat belasan ribu like dan ribuan kali dibagikan.

3. Ignasius Jonan

Ignasius Jonan juga pernah terkenal di media sosial gara-gara foto tidurnya di KRL. Foto itu saat Jonan masih menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).

Tampak Jonan masih mengenakan seragam KAI tidur menyamping dengan tangan menopang wajahnya. Jonan juga masih mengenakan kaus kaki yang berwarna hitam.

Kejadian pada akhir tahun 2014 ini menarik perhatian dunia maya Indonesia.

Netizen memuji Jonan yang berani tidur di gerbong KA kelas ekonomi meski dengan jabatan tinggi di perusahaan milik negara itu.

Seperti diketahui, saat dipimpin Jonan, KAI banyak banyak melakukan perubahan.

Namun, ada juga netizen yang berpendapat ada sebuah pencitraan ketika tersebarnya foto Jonan tidur.

Hal itu disebut menaikkan nama Jonan yang kemudian dipilih Jokowi masuk ke Kabinet Kerja.

4. Hanif Dakhiri

Foto tidur Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri juga viral di dunia maya. Tampak Hanif tidur menyamping di atas kursi Bandara Juanda Surabaya.

Foto Hanif diunggah oleh akun Facebook Nurhuda Yusro pada Sabtu (3/6). Hanif terlihat mengenakan jaket berwarna merah-hitam dengan celana jins. Hanif juga tampak masih mengenakan sepatu. Di dekat kepalanya, terlihat ada sebuah buku. Tak terlihat seorang pun selain Hanif yang sedang tertidur.

‘Menaker M Hanif Dhakiri tertidur saat transit sejam di Juanda Int’l Airport Surabaya?, dengan ditemani buku kesukaannya,’ tulis Nurhuda.

5. Imam Nahrawi

Sosok yang kelima dan pernah tertangkap kamera tertidur di tempat umum adalah Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

Ditengah perjalanannya menemani atlet Indonesia bertanding di Olimpiade Rio de Jeneiro di terlihat ngelongsor tertidur di bangku bandara internasional Julio Cezar Riberio, Belem, Brasil, pada Senin (8/8/2016) sore waktu setempat.

Adalah Miftakhul Ulum, asisten pribadi Imam Nahrawi yang mengunggah foto tersebut dan membagikannya kepada awak wartawan.

“Staminanya luar biasa. Setiap hari, paling cepat itu dia itu pulang jam 11 malam. Itu juga masih sering menerima tamu sampai larut malam. Kadang-kadang, kita-kita ini yang malu, kalau sampai kelihatan ngos-ngosan nemenin Pak Menteri,” katanya.

“Orangnya juga santai banget. Gak pakai jaim-jaim segala. Nih, buktinya,” tambah Ulum.

Komentar
To Top