Cara Baru yang Diklaim Ampuh Obati Kanker Darah ,Dengan Terapi CAR T

Topik Nusantara

Cara Baru yang Diklaim Ampuh Obati Kanker Darah ,Dengan Terapi CAR T

Cara Baru yang Diklaim Ampuh Obati Kanker Darah ,Terapi CAR T

Topikindo.com – Selama ini pilihan pengobatan kanker darah terbatas pada kemoterapi, terapi sel bertarget atau transplantasi sumsum tulang belakang. Metode pengobatan itu diberikan sesuai tingkat keakutan dan diagnosis jenis kanker darah yang diderita.

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, kini memungkinkan metode pengobatan baru untuk penderita kanker darah yang dikenal dengan terapi Car T atau CAR T-cell therapy.Pengobatan ini disebut lebih ampuh mengobati kanker dan mencegah sel kanker kembali berkembang dibandingkan dengan beberapa metode sebelumnya.

Konsultan Senior Hematologi Parkway Cancer Center (PCC) Singapura Lim ZiYi menjelaskan terapi CAR T merupakan metode memodifikasi sel pasien yang terkena kanker darah.

“Terapi CAR T ini memodifikasi sel yang terkena kanker agar dia bisa melawan kanker di dalam tubuh dengan sendirinya dan lebih baik,” kata ZiYi dalam temu media yang diselenggarakan oleh PCC di Jakarta.

Dokter ahli hematologi atau penyakit darah tersebut menerangkan terapi CAR T dilakukan dengan mengambil sel imun pasien melalui alat serupa alat dialisis. Sel itu lalu dimodifikasi di dalam laboratorium dan dikembalikan ke dalam tubuh pasien.

Modifikasi itu dimaksudkan untuk mengubah sel agar dapat mengenali dan melawan sel kanker dalam tubuh. Umumnya, sel kanker yang mengganas terjadi karena sel imun dalam tubuh tidak mengenali sel tersebut.

“Dimodifikasi secara genetik untuk meningkatkan sel imun agar dapat membunuh sel kanker,” Ujar ZiYi.

Sel yang telah dimodifikasi itu bekerja seumur hidup dan dikenal juga dengan istilah living therapy. Cara kerja ini membuat sel tersebut dapat menangkal sel kanker yang kerap kambuh setelah pengobatan dinyatakan sukses.

ZiYi menyebut tingkat kesuksesan metode ini juga lebih tinggi dibanding metode lainnya, yakni mencapai 80 persen.

Saat ini, baru terdapat dua terapi CAR T yang sudah beroperasi di Amerika Serikat. Salah satu terapi CAR T itu untuk menangani anak-anak yang mengidap kanker limfoblastik leukemia akut (ALL) dan kanker limfoma untuk orang dewasa.

Saat ini biaya pengobatan menggunakan terapi CAR T masih sangat mahal yakni mencapai US$450 ribu atau Rp6,6 miliar. Namun, ZiYi yakin harga ini bakal terus menurun seiring perkembangan teknologi. DIa juga menargetkan agar pengobatan itu dapat tersedia di Singapura sehingga bisa diterapkan pada banyak pasien di Asia Tenggara.

Komentar
To Top