Topik Nusantara

Ini Cara Tetap Nyaman dan Asyik saat Mudik Lebaran Tahun ini

Tips Mudik Lebaran Aman, Nyaman dan Asik

topikindo.com – Tidak terasa Idul Fitri semakin dekat. Berbagai persiapan telah dilakukan, baik untuk menyambut keluarga di rumah, maupun untuk mudik. Tahun ini, kita harus siap dalam mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik yang berdampak pada padatnya lalu lintas, waktu tempuh, kenyamanan, serta keamanan sepanjang perjalanan mudik.

Semakin lama waktu tempuh, tentu persiapan untuk mudik juga harus semakin cermat. Melalui persiapan yang tepat, mudik tentunya akan menjadi lebih mudah, nyaman, dan menyenangkan. Saat mudik, kita seringkali lalai dalam menjaga kebersihan selama perjalanan mudik. Padahal, risiko terkena kuman bisa jadi lebih tinggi, seiring tingginya intensitas penggunaan fasilitas umum yang sebagian besar merupakan tempat bersarangnya kuman.

Masalah keselamatan dan kesehatan saat mudik bisa dicegah dengan memperhatikan beberapa pesan berikut ini.

1. Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik

2. Periksa kondisi kelayakan kendaraan.

3. Tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi.

4. Beristirahat selama 15 menit setiap telah mengemudi selama 4 jam.

5. Jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk.

6. Disiplin dan patuh rambu lalu lintas.

7. Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk.

8. Kendaraan tidak melebihi muatan yang layak

9. Gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara.

10. Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal

11. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan.

12. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat.

13. Buanglah sampah pada tempatnya

14. Tidak buang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia; dan

15. Bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat.

 

Berikut barang-barang yang sebaiknya dibawa untuk membuat perjalanan mudik semakin nyaman.

1. Lebih simpel tanpa tunai

Saat ini, sedang pemerintah dan Bank Indonesia sedang gencar menggalakkan transaksi non-tunai atau cashless. Kita pun dapat turut serta mendukung kampanye ini dengan membawa kartu tol, maupun voucher sesuai kebutuhan. Baik untuk mengisi bahan bakar, hingga voucher makanan cepat saji. Ketika menggunakan kartu atau voucher, kita tidak perlu repot mencari uang pas, dan pastinya akan mempercepat waktu transaksi.

2. Baterai Cadangan

Rasa-rasanya tidak lengkap bila kita bepergian tanpa membawa smartphone maupun kamera untuk mengabadikan perjalanan kita. Setidaknya, pastikan powerbank dengan daya minimal 10.000 mAh, atau pilihlah powerbank dengan teknologi solar charger yang dapat diisi dayanya hanya dengan menggunakan bantuan panas matahari. Selain itu, bila mengendarai mobil sendiri, charger mobil juga dapat menjadi alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan akan daya baterai gadget.

3. Bantalan/penyangga leher

Salah satu penyebab utama nyeri leher adalah posisi tidur yang tidak tepat. Terlebih lagi ketika mudik, seseorang rata-rata dapat berada di mobil, bus, maupun kereta selama lebih dari empat jam. Untuk mengurangi ketidaknyamanan selama perjalanan, bawalah bantalan/penyangga leher. Terbuat dari bahan yang empuk, bantalan leher akan tetap menjaga posisi leher Anda selama beristirahat. Pilihlah bahan bantalan leher yang nyaman, empuk, dan ringan untuk dibawa ke mana -mana.

4. Jaket atau sweater

Bawalah pakaian hangat seperti jaket, sweater atau syal. Kondisi cuaca selama perjalanan yang tidak menentu, mengharuskan Anda untuk menjaga suhu tubuh tetap normal dan kondisi badan tetap fit.

5. Headset musik

Tidak banyak yang dapat dilakukan di dalam kendaraan selama perjalanan mudik. Karena itu, membawa headset dan memutar musik kesukaan dapat menjadi alternatif. Selain itu, membawa konsol genggam seperti Nintendo atau PlayStation Vita juga dapat membantu untuk menghabiskan waktu di mobil.

6. Kipas angin portable

Ketika terjebak dalam kemacetan di siang hari, tentu rasa panas menjadi sesuatu yang tak dapat dihindari. Karena itu, kipas angin portable dapat menjadi sahabat ketika suasana yang kurang menyenangkan tersebut datang menyerang.

7. Senter

Ketika harus melakukan perbaikan pada mobil kala hari sudah gelap, senter dapat menjadi barang yang penting untuk dibawa. Selain itu, jika memutuskan untuk naik kendaraan umum, senter dapat dimanfaatkan untuk menjadi penerangan ketika ingin mencari barang, maupun untuk makan bekal di dalam kendaraan.

8. Perlengkapan P3K

Kondisi badan yang fit sangat penting agar perjalanan mudik Anda semakin nyaman. Istirahat yang cukup, pola makan yang teratur, serta mengonsumsi vitamin dapat membantu meningkatkan stamina. “Bawalah obat-obatan pribadi dan perlengkapan medis yang diletakkan dalam satu kotak P3K yang praktis untuk seluruh kebutuhan kesehatan,” ucap Regan.

9. Komponen dan Perkakas Mobil

Bila mengendarai mobil sendiri, pastikan bahwa mobil yang dikendarai untuk mudik memiliki komponen yang lengkap. Mulai dari aki, spion, lampu mobil, hingga kelengkapan surat-suratnya. “Selain itu, pastikan bahwa terdapat kotak perkakas yang lengkap seperti dari Kenmaster, dongkrak, maupun ban cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang kurang diinginkan,” imbuh Regan. Pompa ban juga dapat menjadi pilihan cerdas untuk dibawa dan dimanfaatkan pada kondisi darurat.

Ini Cara Tetap Nyaman dan Asyik saat Mudik Lebaran Tahun ini
To Top
taruhan bola online