Daftar 10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia Tahun 2017

Topik Dunia

Daftar 10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia Tahun 2017

Daftar 10 gedung tertinggi dari seluruh dunia diambil dari data Council on Tall Buildings and Urban Habitat.

Organisasi ini hanya mengukur dari titik tertinggi dari setiap gedung tanpa memperhatikan sudut pandang arsitektur. Amerika Utara dulunya mendominasi 75% dari daftar ini sekitar 20 tahun yang lalu, tapi untuk saat ini rekor tersebut sudah berganti ke Asia dan Timur Tengah.

Berikut daftar gedung tertinggi yang umumnya didominasi oleh kota-kota di Asia :

 

10. International Cemmerce Centre, Hong Kong – 484 meter

International Cemmerce Centre, yang berlokasi di Hong Kong, berdiri dengan 108 lantai dan selesai dbangun pada tahun 2010. Pada saat itu, gedung ini masih termasuk pencakar langit keeempat tertinggi di dunia walaupun saat ini sudah turun ke posisi ke-10.

 

9. Shanghai World Financial Centre, Cina – 492 meter

Gedung pencakar ini selesai didirikan pada tahun 2008, dengan tinggi 492 m dan 101 lantai. Terletak di distrik Pudong dan beroperasi sebagai badan keuangan internasional dan pusat perdagangan. Gedung ini juga mencakup kamar hotel, perkantoran, ruang konferensi, ruang observasi dan juga shopping mall.

 

8. Taipei 101, Taiwan – 508 meter

Berdiri tegak dengan tinggi 508 meter, gedung dengan 101 lantai ini berlokasi di kota Taipei. Struktur gedung ini sangat terkenal sejak didirikan pada tahun 2004, karena warna unik kacanya yang berwarna hijau-biru terebut. Gedung pencakar ini di disain dan dibangun oleh C. Y. Lee & Partners dan KTRT Joint Venture untuk menahan gempa bumi dan angin topan.

 

7. CTF Finance Centre, Cina – 530 meter

Berlokasi di kota Guangzhou, bagian selatan Cina, Gedung CTF selesai dibangun pada bulan Oktober 2016. Gedung ini juga terkenal memiliki lift atau elevator tercepat di dunia, kecepatannya mencapai 71,9 km per jam. Dengan total 111 lantai, termasuk pusat perbelanjaan dan tempat parkir sebanyak 1.705 buah. Gedung ini juga berperan sebagai perkantoran, meskipun 16 lantai tertinggi berguna sebagai hotel dengan 251 kamar yang belum beroperasi penuh.

 

6. One World Trade Center, Amerika Serikat – 541,3 meter

Berdiri setinggi 541 meter dan 104 lantai. OneWTC bukan hanya gedung tertinggi di kota New York dan di Amerika Serikat, namun juga seluruh belahan bagian barat. Selesai didirikan pada tahun 2014, gedung ini dibangun untuk mengenang tragedi penyerangan 9/11. Dilengkapi dengan fitur energi perbaruan dan juga pendauran ulang air hujan, termasuk memorial tragedi 11 September dan Museum.

 

5. Lotte World Tower, Korea Selatan – 554,4 meter

Lotte World Tower di Korea Selatan termasuk salah satu gedung terbaru dalam daftar ini, karena baru saja diselesaikan pada Maret 2016. Memiliki 123 lantai, dengan 6 lantai sebagai ruang bawah tanah. Atapnya dibangun dengan sangat kuat dan mampu menahan gempa bumi dengan skala hingga 9 skala Richter.

 

4. Pang An International Finance Centre, Cina – 599 meter

Gedung yang terletak di Shenzhen dengan tinggi 599 meter ini adalah gedung yang baru-baru saja selesai di tahun 2017 ini. Gedung ini mencakup sebagai pusat konferensi, hotel, dan pusat perbelanjaan mewah. Gedung ini menggunakan 33 lift double decker untuk mengakses hingga ke lantai 115.

 

3. Makkah Royal Clock Tower, Arab Saudi – 601 meter

Disebut juga sebagai Abraj Al Baitis, Makkah Royal Clock Tower termasuk dalam gedung tertinggi ketiga di dunia dengan tinggi 601 meter. Terletak di Mekkah, Saudi Arabia yang dimiliki oleh pemerintah. Merupakan hotel dengan 120 lantai dan dibangun oleh Saudi Binladin Group, sebuah perusahaan konstruksi terbesar di Arab Saudi. Selesai dibangun pada tahun 2012, menara jamnya dirancang oleh perusahaan arsitek Jerman SL Rasch GmbH bersama dengan the Mahmoud. Jamnya memiliki luas 141 kaki persegi, dan termasuk menara jam terbesar sedunia. Tak hanya sebagai hotel, gedung ini juga berfungsi sebagai pusat konferensi, Museum Islam, ruang ibadah yang dapat menampung 10.000 jiwa, dan ruang observasi bulan yang berfungsi untuk melihat keindahan bulan pada saat bulan suci ramadhan, dan juga 5 lantai pusat perbelanjaan.

 

2. Shanghai Tower, Cina – 631,8 meter

Menara Shanghai memiliki 121 lantai dengan tinggi total 2.073 kaki itu merupakan gedung tertinggi kedua di dunia. Didirikan pada tahun 2006 dan membutuhkan waktu 8 tahun untuk selesai di bulan Maret 2014. Gedung ini juga termasuk gedung dengan ruang observasi tertinggi di dunia. Biaya yang dikeluarkan untuk membangun adalah 4,2 bilyar US dollar. Terletak di pusat distrik keuangan Luijiazui di Shanghai. Gedung ini dirancang sebagai hotel dan kantor oleh perusahaan arsitek Amerika yaitu Gensler. Memiliki 1.100 total ruang parkir dan 320 kamar hotel.

 

1.  Burj Khalifa, Uni Emirat Arab – 905.6 meter

daftar

daftar

Burj Khalifa atau dikenal sebagai Burj Dubai, memiliki 163 lantai dan tinggi 905.6 meter dan merupakan gedung tertinggi di dunia. Bangunan yang dibangun sebagian besar dengan besi dan beton ini dirancang oleh Owings, Skidmore dan Merrill of Chicago yang juga merancang beberapa gedung pencakar langit terkenal seperti Willis Tower dan One World Trade Center. Gedung ini memiliki 30,000 tempat tinggal, 19 menara hunian, danau buatan dengan luas 30 hektar, taman parkir sebesar 7 hektar, 9 hotel dan pusat perbelanjaan termewah.

Komentar
To Top