Deretan Tren di Indonesia yang Sempat Bikin Heboh Kehidupan

Topik Tips & Trik

Deretan Tren di Indonesia yang Sempat Bikin Heboh Kehidupan

Pengertian sederhana Trend ialah sesuatu yang dianggap menarik dan kekinian untuk zamannya, baik itu mengenai fashion, gaya hidup, selera musik dan lain-lain. Namun kadangkala trend yang terjadi ditanggapi secara berlebihan dan menjadi sangat massif, sehingga seolah-olah trend tersebut adalah sesuatu yang sangat penting.

Di Indonesia, fenomena trend yang pernah ramai melanda masyarakat juga tak kalah heboh dan unik. Namun ada beberapa trend yang secara luar biasa benar-benar mempengaruhi kehidupan masyarakat. Dan lima diantaranya yang paling heboh adalah dibawah ini.

1. Tren Ikan Lou Han

Bicara tentang ikan satu ini pasti hampir semua sobat UC’ers mengatahuinya. Ikan yang konon berasal dari Taiwan ini memang mempunyai bentuk yang khas yakni kepala yang jenong. Saat masa jayanya dulu, ikan ini pernah membuat heboh masyarakat Indonesia dengan harganya yang sangat fantastis. Masyarakat kemudian berbondong-bondong ikut memelihara ikan jenis ini dengan harapan mendapat untung besar. Konon, ikan lou han jenis golden Base dulu bisa laku sampai 40 juta lho. Namun kini popularitas ikan ini sudah redup dan jarang terdengar lagi.

2. Tren Tanaman Anthurium

Tanaman yang masuk dalam jenis Araceae ini juga pernah membuat publik heboh. Bagaimana tidak, tanaman ini dulu sempat mencapai harga hingga ratusan juta rupiah. Bahkan transaksi jual beli tanaman jenis ini dulu bisa berdasarkan jumlah helai daun. Orang-orang yang terpengaruh trend ini banyak yang menhabiskan uang jutaan rupiah demi mendapatkan tanaman ini. Namun sekarang, harga dipasaran tidak lebih dari 10 ribu sampai 50 ribu rupiah saja.

3. Tren Gelang Power Balance

Nah, kalau fenomena ini nampaknya bukan hanya di Indonesia saja. Banyak masyarakat Internasional yang juga tertarik dengan memakai gelang Power Balance ini. Awalnya ketertarikan masyarakat karena banyak selebritis dan orang terkenal yang memakai gelang ini karena dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan keseimbangan tubuh. Namun ternyata Australian Competition and Consumer Commission (ACCC)mengungkap bahwa itu cuma bohong belaka. Padahal saat masa jayanya, gelang ini dipasaran bisa mencapai harga 500 ribu lho.

4. Tren Burung Love Bird

Burung cinta ini adalah salah satu spesies burung paruh bengkok yang berasal dari Afrika dan Madagaskar. Fenomena trend burung yang mempunyai warna yang indah ini juga tidak kalah hebih dengan fenomena ikan Lou Han. Pada masa trend-nya, Burung ini bisa dihargai jutaan rupiah untuk anakan yang baru lahir saja.  Untuk jenis-jenis tertentu seperti Lutino mata merah bahkan harganya bisa mencapai 25 Juta rupiah. Namun sekarang pamornya sudah redup dan mulai banyak ditinggalkan orang-orang.

5. Tren Batu Akik

Fenomena trend yang paling baru dan sangat menghebohkan 2-3 tahun yang lalu adalah fenomena batu akik. Fenomena ini bahkan sampai diikuti orang-orang terkenal dan politisi papan atas Indonesia. Saking hebohnya, sampai-sampai harga batu akik mencapai harga yang tidak masuk akal. Orang-orang rela mengeluarkan ratusan juta rupiah hanya untuk mendapatkan batu jenis Bacan yang jadi primadona. Walupun sekarang masih ada beberapa yang bertahan dengan trend ini, namun lambat laun peminatnya sudah mulai berkurang.

Komentar
To Top