Topik Politik

Duet Risma dan Sandi Dapat Dukungan Dari Parpol-Parpol

Duet Risma-Sandi Kuat, Cantik, Dapat Dukungan Partai Politik dan Warga

topikindo.com – Duet Tri Rismaharini (PDIP) dengan Sandiaga Uno (Gerindra) semakin menguat. Partai Gerindra, PKS, PPP, PAN, PKB, tokoh agama, warga  dan pengamat menyatakan dukungannya. Duet Risma-Sandiaga diyakini dapat mengalahkan calon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam Pilkada 2017 mendatang.  Juga mampu membangun Jakarta lebih baik lagi.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Mohamad Taufik menyatakan Risma bagus, wanita kuat, cocok kan sama Sandi? “Yang penting sekarang kami terus jalin komunikasi dengan PDI Perjuangan sebelum menyerahkan ke DPP masing-masing,” kata Taufik.

Selain Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan tegas merapatkan barisan untuk merebut kursi gubernur DKI dari tangan Ahok. Menurut PKS, siapapun calon gubernurnya, yang penting bukan Ahok.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan, partainya mendukung Sandiaga Uno. PKS juga siap mendukung  Risma di Pilgub DKI Jakarta jika dicalonkan PDIP. “Sekali lagi asal bukan Ahok tapi kami ingin Jakarta lebih baik,” tegas Hidayat Nur Wahid.

Saat ini PKS terus berkomunikasi dengan PDIP agar mengizinkan Risma, yang kini masih menjabat sebagai Walikota Surabaya, bertarung dalam Pilkada DKI Jakarta.

“Kita menunggu sinyal dari PDIP untuk Risma. Namun dari semua nama kandidat yang muncul, PKS berharap pada Risma. Pasalnya reputasi Risma pas untuk bersaing dengan petahana alias Ahok. Kami yakin jika ini terwujud akan banyak partai bergabung bersama mendukung Risma dan Sandiaga,” kata Ketua Bidang Politik Hukum dan Keamanan DPP PKS Al Muzzammil Yusuf saat dihubungi di Jakarta.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini menambahkan, mengenai posisi Sandiaga apakah Cagub atau Cawagub, baik PKS maupun Gerindra masih fleksible.  Sandiaga bisa nomor satu, bisa juga nomor dua, tergantung pasangan yang didapat dari hasil komunikasi politik dengan sejumlah parpol.

PPP Mengikuti

Ketua Dewan Perwakilan Wilayah PPP DKI Jakarta, Abraham Lunggana (Lulung), juga sepakat dengan duet Risma-Sandiaga. “Duet ini cocok dan kuat. Saya yakin bisa mengalahkan Ahok,” papar Lulung. Di sisi lain, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum menentukan calon yang akan diusung. Sudah ada enam nama yang diserahkan ke meja Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Salah satu nama yang mencuat dan didorong-dorong adalah Wali Kota Surabaya, Risma.

PAN

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, ‎mengusulkan Risma berduet dengan Sandiaga Uno. “Saya pikir pendapat pribadi saya. Kalau kombinasi Risma dengan Sandiaga Uno, rasanya kombinasi yang cantik itu,” kata Eddy. Usulan ini sudah diwacanakan oleh partai politik yang tidak akan mengusung Ahok di Pilkada DKI Jakarta. Eddy mengatakan ‎saat ini komunikasi antar partai politik itu sedang berjalan supaya duet tersebut bisa terwujud. PAN sudah sejak awal tidak akan mendukung Ahok. Karenanya, PAN tengah mencari alternatif pilihan selain Ahok. Eddy melihat sosok Sandiaga Uno sebagai tokoh muda yang energi dan berhasil di dunia usaha. Hal inilah yang menjadi pertimbangan pemberian dukungan kepada Sandiaga.

Menunggu PDIP

Duet Risma-Sandiaga ini menunggu keputusan dari PDI Perjuangan. Menurut Eddy, saat PDI Perjuangan memilih tidak bergabung dengan duet ini, PAN pun akan menghormati keputusan tersebut. Risma akan menjadi saingan terberat Ahok jika benar-benar maju pada Pilgub DKI 2017 mendatang. Sandiaga Uno pun dinilai sebagai sosok yang pas bersanding dengan Risma. meyakini partainya akan berkoalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Dengan demikian, kedua partai itu dapat mengulang kemenangan seperti yang terjadi Pilkada DKI Jakarta 2012.

Sementara itu,  Ketua Penjaringan cagub DKI dari Gerindra, M Syarief‎, mengungkapkan,  Sandiaga tak harus jadi calon gubernur.  “Sandiaga tidak harus jadi nomor 1 di DKI. Kami tahu diri. Kami terus melakukan komunikasi dengan PDIP, semoga saja memilih Sandiaga juga,” kata dia saat dihubungi di Jakarta.

Wajar

Menjawab ajakan menjadikan duet Risma-Sandiaga, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Gembong Warsono mengatakan ajakan koalisi dari PKS, Gerindra, PAN, dan PPP, merupakan hal yang wajar dalam politik.  “Boleh-boleh saja,” kata Gembong.

Dukungan Warga

Dukungan untuk Risma maju dalam Pilgub DKI 2017 terus bermunculan. Kali ini dari puluhan warga di Jatinegara yang menamakan diri Persatuan Rakyat Untuk Risma (PRAKTIS).

Ketua Gerak Indonesia Emi Sulyuwati dan ketua RT 4 RW 11 Emi Sulyuwati dan ketua RT 4 RW 11  Emi menyebutkan bahwa tujuan pendeklarasian ini adalah untuk mendesak PDI Perjuangan agar mencalonkan Risma sebagi gubernur DKI Jakarta 2017.

“Karena Jakarta itu nawa cita Indonesia, harus selaras. Kita ingin mempressure, agar PDIP mencalonkan beliau.Kenapa bukan independen. Karena bu Risma dari kader PDIP,” tutur Emi.

Duet Risma dan Sandi Dapat Dukungan Dari Parpol-Parpol
To Top
taruhan bola online