Ekspedisi Motor Jakarta Demi Kampanye Keselamatan

Topik Dunia

Ekspedisi Motor Jakarta Demi Kampanye Keselamatan

Ekspedisi Motor Jakarta Demi Kampanye Keselamatan

Topikindo.com– Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melepas ekspedisi menggunakan sepeda motor rute Jakarta (Indonesia) – Himalaya (Nepal) sepanjang 15 ribu kilometer (km),

Ekspedisi akan dilakukan seorang diri oleh Ketua Komunitas Sepeda Motor Freeriders Gunadi selama 70 hari, mulai hari ini hingga 28 Oktober 2018 yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Ekspedisi ini mengusung tema aksi keselamatan jalan. Pada 2016, dari sekitar 31 ribu kecelakaan lalu lintas, sebanyak 70 persen di antaranya melibatkan sepeda motor.

“Pada saat berkendara, faktor keselamatan adalah faktor yang utama tetapi yang lebih penting lagi adalah (bagaimana) kita menaati peraturan yang ada,” ujar Budi sesaat sebelum melepas ekspedisi Gunadi di kantor Kemenhub.

Selain itu, ekspedisi ini juga mengusung tema pelestarian lingkungan dan persahabatan antar bangsa.

Budi mengungkapkan kondisi lalu lintas di Indonesia lebih baik dari pada kondisi di kawasan Asia Selatan, salah satunya India. Atas dasar itu, sambungnya, dalam ekspedisi ini Gunadi pun bakal mewakili tanggung jawab Indonesia untuk mengampanyekan aksi keselamatan berlalu-lintas.

“Gunadi akan menjadi contoh untuk bisa berlaku tertib dan disiplin dalam berkendara di jalan raya,” Kata Budi.

Sebelum memulai perjalanan, Gunadi telah mempersiapkan fisik dan mental. Rencananya, perjalanan akan dimulai dengan rute keberangkatan dari Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, Sumatra dilanjutkan menyeberang menuju Pelabuhan Klang Malaysia.

Di negara jiran tersebut, Gunadi bakal melintasi Kuala Lumpur sebelum beranjak ke Thailand-Myanmar-Nepal-India.

Selanjutnya, dari New Delhi, India, Gunadi bakal melanjutkan perjalanan ke Himalaya lewat rute Candigarh-Srinagar-Leh-Khardungla Pass – Pangong Lake – Manali- Dangerous Roa. Setelah itu, Gunadi bakal kembali ke New Delhi.

Sebelum perjalanan dimulai, Gunadi beserta sejumlah pihak yang melepasnya di Kemenhub pun menandatangani ‘Komitmen Bersama Aksi Keselamatan Jalan Kesiapan dalam Berkendara Sepeda Motor’.

Komentar
To Top