Fungsi yang Jarang diketahui dari Smartphone Android

Topik Tips & Trik

Fungsi yang Jarang diketahui dari Smartphone Android

TopikIndo.com – Sesuai namanya, smartphone memang tidak hanya memiliki fungsi sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga terdapat beberapa fungsi ‘pintar’ yang lainnya. Dengan beberapa fungsi yang sudah umum digunakan, ternyata smartphone berbasis Android masih menyimpan segudang fungsi yang mungkin belum diketahui oleh penggunanya. Bisa jadi banyak juga dari kamu yang belum mengetahui fungsi pintar lainnya seperti contoh yang berikut ini:

Pencarian suara meski layar mati

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa beberapa smartphone berbasis Android mampu melakukan pencarian melalui suara meski layar dalam kondisi mati. Smartphone tersebut bisa langsung bereaksi setelah kamu mengucapkan “OK Google” saat layar sedang tidak digunakan. Agar bisa melakukan hal tersebut, pastikan terlebih dahulu bahwa fitur Google Now secara default telah aktif ataukan terpasang. Jika belum, unduh terlebih dahulu melalui Google Play Store. Selanjutnya, jalankan Google Settings>Search & Now>Voice>OK Google Detection, aktifkan ke kondisi On. Jika pilihan From any screen tidak bisa diubah, maka smartphone kamu tidak mendukung fitur tersebut.

Proteksi data saat smartphone hilang

Salah satu hal paling menyebalkan adalah kehilangan smartphone. Meski smartphone yang hilang tidak bisa diselamatkan, namun data yang tersimpan didalamnya masih ada kemungkinan bisa diamankan. Android memiliki fitur bernama Android Device Manager yang memungkinkan pengguna untuk melacak keberadaan ponsel ataupun mengendalikannya dari jarak jauh. Guna mengantisipasi segala kemungkinan terburuk, ada baiknya kamu berjaga-jaga demi keamanan data. Untuk itu aktifkan fitur tersebut dengan masuk ke Settings>Security>Device Administrators, aktifkan Android Device Manager ke posisi On. Nantinya jika smartphone  hilang, kamu tinggal mengendalikannya dari situs melalui komputer, cukup dengan cara login ke akun Google.

Akses tab Chrome dari perangkat lain

Saat menggunakan Google Chrome, kamu bisa mengakses tab dari perangkat lain selama menggunakan sistem Android. Selama melakukan login menggunakan akun yang sama, setelah menjalankan Chrome, akan terlihat pada pilihan Recent tabs yang terdapat di bawah kanan. Tekan pilihan ini dan kamu akan melihat beberapa situs yang sedang dibuka dari perangkat lain.

Tampilan Informasi yang dibuat sendiri

Cara ini mungkin akan berguna di saat-saat tertentu. Android menyertakan pilihan agar pengguna bisa menampilkan informasi mengenai diri mereka di Lockscreen. Hal ini berguna jika ponsel tertinggal di suatu tempat dan orang yang menemukannya bisa mengembalikannya berdasarkan informasi data yang dicantumkan tersebut. Untuk itu kamu perlu membuatnya terlebih dahulu dengan cara masuk ke Settings>Lock screen>Owner info. Pada pilihan Owner Information, kamu bisa mencantumkan informasi yang  ingin ditampilkan seperti nama atau nomor telepon.

Bikin Ponsel lebih ngebut

tujuh

Android dirancang agar bisa diutak-atik secara bebas oleh penggunanya. Oleh karena itu Google menyertakan fiturDeveloper options agar pengguna bisa menentukan sendiri beberapa fungsi agar mendapatkan kinerja yang lebih cepat. Pada Android versi terbaru, fitur Developer options disembunyikan. Untuk menampilkannya masuk keSettings>About Device. Pada Build Number, tekan sebanyak 7 kali agar Developer options tampil. Kembali ke halaman sebelumnya, dan pilihan tersebut akan terdapat diatas About Device. Jalankan fungsi ini, geser ke bawah dan temukan fungsi Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale. Ubah ketiga fungsi ini ke pilihan yang lebih tinggi agar kinerja ponsel lebih gesit.

Mainkan multiplayer game secara lokal

Jika kamu dan teman mengakses internet dari jaringan Wi-Fi yang sama, kamu bisa memanfaatkannya untuk bermain game secara multiplayer melalui jaringan tersebut. Banyak game-game populer yang mendukung hal tersebut seperti Asphalt 8, Brothers in Arms 3, atau Let’s Golf 3.

Game Android

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa di setiap ponsel Android, Google menyertakan easter egg berupa logo dari masing-masing sistem yang digunakan. Dengan masuk ke Settings>About Device, kamu bisa menekan dengan cepat pada pilihan Android version, jika berhasil akan tampil logo dari versi Android yang digunakan. Namun tahukah bahwa tampilan ini tidak hanya sampai disitu saja. Dengan menekan agak lama pada logo tersebut, Google juga menyertakan sebuah mini game. Khusus untuk Android Lollipop, akan ditampilkan game mirip dengan Flappy Bird yang sempat menjadi tren.


Komentar
To Top