Jaksa Agung Dinilai Jadi Beban Presiden Jokowi

Topik Nusantara

Jaksa Agung Dinilai Jadi Beban Presiden Jokowi

engamat hukum dari Universitas Indonesia (UI), Chudri Sitompul menilai, kinerja kepemimpinan Jaksa Agung HM Prasetyo menjadi beban bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan hukum sebagai panglima tertinggi dalam menjalankan pemerintahannya.

“Saya kira kalau dikaitkan (vonis bebas La Nyalla) itu sebenarnya terserah Presiden. Yang jelas, Jaksa Agung ini menjadi beban Presiden Jokowi soal aparat hukumnya dan memang ini terserah perkembangannya (vonis belum inkrah),” kata Chudri

Ia pun menilai, kasus dugaan korupsi dana hibah yang menjerat mantan Ketua Kadin Jawa Timur, La Nyalla Mattalitti terkesan dipaksakan. Hal itu lantaran sebelumnya La Nyalla berulang kali memenangkan gugatan praperadilan atas status tersangkanya.

“Pada dasarnya perkara ini mencuat ketika La Nyalla dipaksa mengundurkan diri dari Ketum PSSI. Tapi, saya tidak mau masuk ke ranah itu,” jelas Chudri.

Ia menambahkan, Kejati Jawa Timur terkesan memaksakan kasus tersebut dan tidak bekerja dengan profesional dalam melakukan penyidikan perkara kasus pembelian IPO Bank Jatim itu.

“Ini ada unsur kekuasaan dan Kejaksaan Agung bekerja atas dasar permintaan penguasa,” ucap Chudri.

Komentar
To Top