Jelang Akhir Tahun 2016, 7 Hal yang Biasa Terjadi Menjelang Akhir Tahun

jelang-akhir-tahun-2016-7-hal-yang-biasa-terjadi-menjelang-akhir-tahun
Topik Tips & Trik

Jelang Akhir Tahun 2016, 7 Hal yang Biasa Terjadi Menjelang Akhir Tahun

Bulan Desember telah menyapa. Ini artinya sebentar lagi tahun akan berganti. Nah menjelang pergantian tahun, biasanya banyak hal terjadi. Entah mulai mengurusi resolusi lawas maupun keinginan memperbaiki banyak hal yang belum terkabul di tahun ini.

Selain itu, untuk merayakan tahun baru banyak acara digelar. Berikut ini beberapa hal yang akan terjadi mendekati pergantian tahun:

Berburu Barang Diskonan

Menjelang akhir tahun, hampir semua toko baik online maupun konvensial memberikan diskon untuk barang yang dijualnya. Toko online bakal gila-gilaan diskon di Harbolnas. Sedangkan mal-mal juga sering mengadakan midnight sale. Pokoknya diskon di mana-mana. Nah, dengan banyaknya diskon ini orang-orang sengaja nabung buat belanja sepuasnya di bulan ini.

Agar kamu bisa membeli barang yang kamu suka namun nggak pengen kehilangan banyak uang, kamu mesti perbanyak survei. Mulai sekarang deh seringlah cek barang itu paling murah harga seberapa, apa diskon ini memang harga yang dipotong atau mungkin ada penawaran menarik lainnya. Ingat juga untuk membeli yang dibutuhkan bukan yang lagi pengen aja.

Bikin Resolusi yang Diulang-Ulang Selama Bertahun-Tahun

Tahun baru ya identik dengan resolusi. Sebelum memasuki tahun yang baru, banyak orang berlomba-lomba untuk membuat resolusi versi masing-masing. Nggak jarang, resolusi itu diulang terus bertahun-tahun karena nggak pernah kesampaian. Contohnya, mau baca buku atau berhenti merokok dari tahun 2010 dan targetnya itu melulu.

Resolusi memang nggak usah yang muluk-muluk dan ketinggian. Bikin resolusi yang sederhana namun aplikatif. Dengan begitu kamu nggak punya alasan untuk nggak mewujudkannya.

Posting Status Jelang Tahun Baru di Medsos

Di bulan Desember, timeline media sosial media biasa penuh dengan orang-orang yang “kaget” karena udah mau tahun baru lagi. Semua panik karena merasa belum ngapa-ngapain selama 11 bulan yang lalu, tiba-tiba udah mau ganti tahun aja. Nggak jarang akan banyak status “Gak Kerasa Udah Mau Tahun Baru Lagi” bermunculan.

Karena banyak yang seperti ini, nggak perlulah kamu ikutan meramaikan media sosial dengan status tersebut. Kamu juga nggak perlu mengunggah resolusi di media sosial. Kemungkinan besar akan memalukan diri sendiri karena kadang media sosial memiliki fitur flashback setahun yang lalu. Tahu-tahu media sosial bisa memunculkan resolusi tahun lalu.

Rencana Sewa Vila

Biasanya menjelang akhir tahun, wacana untuk menginap bareng di tanggal 31 Desember semakin banyak bermunculan. Semua heboh “Ayo, tahun baru mau ngapain?” atau “Tahun baruan sambil arung jeram lucu kali ya?” Mungkin kamu adalah salah satu orang yang ramai membahas ini.

Semua grup chat heboh membahas rencana akhir tahun. Tapi giliran di data siapa aja yang mau ikut, nggak ada yang jawab. Sampe H-7 akhirnya baru fix 7 orang mau ikut. Ujung-ujungnya, pas cek vila atau hotel penuh semua.

Tiba-Tiba Baper, Kok Sampai Akhir Tahun Masih Jomblo Aja

Masuk bulan Desember, biasanya orang-orang juga suka intropeksi diri. Udah melakukan apa saja selama 11 bulan ke belakang. Udah berhasil mendapatkan apa saja di sekolah, kampus, karier hingga percintaan.

Sedihnya, bila ada yang belum mendapatkan gandengan di akhir tahun kerap di-bully jomblo ngenes. Meski kamu yang lagi sendiri biasanya nggak peduli namun siapa yang bakal tahan bila hal ini terus menerus terjadi. Kamu pun merenung akhir tahun begini merasa “gagal” karena masih jomblo saja.

Produktivitas Kerja Menurun Drastis

Pikiran yang menghantui di bulan Desember cuma diskon dan liburan. Udah nggak konsen buat belajar atau kerja. Hawa liburan sudah sangat terasa dan bikin males melakukan apapun. Pengennya main, belanja dan nongkrong.

Karena itu produktivitas bekerja menjadi turun secara drastis. Kamu semakin sering ngobrol di grup dan membahas rencana akhir tahun. Energimu meluap-luap ketika membicarakan liburan namun bisa langsung hilang saat pak bos mengajak meeting.

Jadi Lebih Religius

Kenapa berubah menjadi lebih religius? Karena banyak orang pengen diberikan rejeki dan kesehatan di tahun yang baru. Akhir tahun membuat orang-orang menjadi ingat dengan pencipta. Ditambah akhir tahun saatnya juga untuk “menagih” jawaban atas doa-doa yang belum terjawab selama ini.

Mungkin di akhir tahun ada yang pergi ke konser, menginap di rumah teman, memanggang ikan laut dan lainnya. Namun janganlah lupa berdoa meminta berkah dan anugerah di tahun depan. Toh banyak tempat ibadah yang memiliki acara doa bersama menjelang pergantian tahun.

Tahun baru akan segera datang dan sudah waktunya bersiap menyambutnya. Jangan bawa keburukan di masa lalu namun kenanglah hal-hal baik di tahun lalu.

TopikIndo Sharing

Ingin menulis di TopikIndo.com? Kirimkan ke redaksi@topikindo.com
1. Lengkapi dengan biodata singkat dan akun Twitter di bawah tulisan
2. Minimal 900 kata, ditulis pada file Ms. Word
3. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun (blog, website, forum, dll)
4. Tambahkan alamat lengkap dan nomor HP (tidak dipublikasikan)

Komentar
To Top

Pin It on Pinterest