Kanada melarang penggunaan Plastik sekali pakai Mulai 2021 Mendatang

Topik Dunia

Kanada melarang penggunaan Plastik sekali pakai Mulai 2021 Mendatang

Kanada melarang penggunaan Plastik sekali pakai Mulai 2021 Mendatang

Topikindo.com– Kanada akan melarang penggunaan plastik sekali pakai mulai 2021 mendatang, demikian diumumkan oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, yang mengatakan pengurangan plastik merupakan tantangan bagi seluruh negara di dunia.

Saya sangat senang bisa mengumumkan bahwa paling lambat 2021 nanti, Kanada akan melarang penggunaan plastik satu kali pakai yang berbahaya,” ujar Trudeau, seperti dikutip dari Topikindo.com

Dia juga menyebut bahwa saat ini hanya kurang dari 10 persen plastik di Kanada bisa didaur ulang .

Setiap tahun, satu juta burung dan lebih dari 100 ribu mamalia laut di seluruh dunia terluka atau mati karena terjerat plastik, atau bahkan memakan plastik baik secara langsung maupun melalui rantai makanan.

Sekitar 70 persen sampah plastik yang memenuhi lautan adalah plastik sekali pakai, Sedotan, kantung plastik, alat makan, piring, serta alat pengaduk minuman akan termasuk barang-barang yang dilarang digunakan Kanada, demikian pernyataan pemerintah.

Daftar barang-barang terlarang itu akan diperbarui kembali berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan antara saat ini dan 2021. 

Trudeau mengatakan bahwa sangat sukar untuk menjelaskan masalah ini pada anak-anaknya sendiri. 

Bagaimana Anda bisa menjelaskan bahwa paus-paus yang mati di berbagai pantai di seluruh dunia perutnya penuh plastik,” kata Trudeau.

Musuh politik Trudeau yaitu pemimpin Partai Konservatif Andrew Scheer, menyebut kebijakan pemerintah itu sebagai “gestur yang tidak terencana baik, tanpa ada hal-hal spesifik tentang cara penerapan, atau penelitian tentang pengaruhnya pada konsumen, pada pekerjaan, atau bagaimana kebijakan ini mempengaruhi usaha-usaha kecil.

Kanada, Perancis, Jerman, Inggris, dan Italia, bersama dengan Uni Eropa menyepakati perjanjian untuk mengurangi polusi lautan pada pertemuan G7 tahun lalu di Quebec

To Top