KPK Ajak Mahasiswa Untuk Laporkan Kasus Korupsi di Daerah

Topik Nusantara

KPK Ajak Mahasiswa Untuk Laporkan Kasus Korupsi di Daerah

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menantang mahasiswa untuk melakukan riset atau penelitian tentang korupsi di Indonesia. Tantangan ini disampaikan Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan saat bicara dalam talk show pelepasan 4.073 mahasiswa KKN Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Rabu (5/7).

Menurutnya, riset tentang korupsi di Indonesia masih sangat minim. Kalaupun ada rata-rata datang dari mahasiswa Fakultas Hukum saja.

“Saya mengundang mahasiswa baik mahasiswa S1, S2, S3 dari Unhas atau dari perguruan tinggi lain, kalau mau riset tentang korupsi mohon saya dihubungi maka saya akan sediakan data, sediakan topiknya karena saya ingin ada riset lokal tentang korupsi di daerah,” ujar Pahala Nainggolan.

Dia mencontohkan, risetnya dari adanya sejumlah pertanyaan misalnya kenapa satu daerah lebih kaya dari daerah lain, kenapa bupati yang satu kuat menahan godaan korupsi lalu bupati lainnya tidak, kenapa terjadi gratifikasi lalu apakah benar jika gaji PNS dinaikkan lantas korupsi hilang.

“Pertanyaan-pertanyaan lokal seperti ini kita butuhkan dan harus dijawab melalui riset,” tutur Pahala Nainggolan.

Komentar
To Top