Kuliner Indonesia Sukses Bikin Seleb-Seleb Dunia Jatuh Hati

Topik Dunia

Kuliner Indonesia Sukses Bikin Seleb-Seleb Dunia Jatuh Hati

Indonesia memiliki keragaman kuliner yang luar biasa. Tak sedikit di antaranya yang mulai dikenal luas di mancanegara.

Dengan rasanya yang kaya dan unik, tak heran makanan Indonesia memberi kesan tersendiri terutama bagi warga asing. Bahkan makanan Indonesia dijadikan lagu oleh seniman luar negeri.

Barangkali Anda pernah mendengar lagu Nasi Padang yang dinyanyikan bule asal Norwegia Audun Kwitland atau Tahu Bulat yang dinyanyikan oleh duo komedian asal Jepang Akira Kimura dan Genki. Berikut beberapa kuliner Indonesia yang sudah mendunia dan disukai banyak orang asing.

Nasi goreng

Tak sedikit warga asing yang kesemsem dengan masakan khas Indonesia yang satu ini. Buktinya, nasi goreng sempat muncul dalam drama Korea My Secret Romance.

“Ini nasi goreng Indonesia ala Korea,” kata tokoh Lee Yoo Mi yang diperankan Song Ji Eun.

Tak hanya itu, Miss Universe 2017, Iris Mittenaere, yang sempat mengunjungi Indonesia juga menyukai olahan nasi kecap dan rempah ini.

Rendang

Makanan asal Sumatera Barat ini tidak hanya populer di kalangan masyarakat Indonesia, tetapi juga mancanegara. Bintang asal India, Shaheer Sheikh salah satunya.

Dalam acara Pesbuker ANTV yang tayang pada 2015, ia menuliskan rendang sebagai makanan Indonesia favoritnya. Diva Amerika, Paula Abdul, yang sempat berkunjung ke Indonesia pada 2013 juga dibuat penasaran dengan makanan yang satu ini.

Nasi Padang

Ya, kita tahu ini merupakan salah satu dari sederat makanan lezat Nusantara. Saking lezatnya, bule asal Norwegia, Audun Kvitland membuatkan satu lagu khusus yang ia dedikasikan untuk Nasi Padang. Tak hanya itu, personel SNSD dalam kunjungannya pada 2013 juga memilih Nasi Padang sebagai menu makanannya selama di Indonesia ketimbang makanan Korea.

“Kemarin baru dapat kabar mereka minta nasi padang dan pempek,” ujar Febrina Sibuea, perwakilan promotor yang menyelenggarakan konser SNSD kala itu.

Soto

Makanan yang satu ini kerap menjadi jamuan saat tamu-tamu mancanegara datang ke Indonesia. Salah satunya Marc Marquez, yang saking menikmati hidangan ini, ia mengabaikan rekan media yang kala itu hadir menyambutnya di bandara pada Februari 2016.

Saudara tiri Kendall Jenner, Brody Jenner juga sempat mencicipi soto saat menyambangi Indonesia bersama sang kekasih. Tak hanya soto, ia juga mencicipi bubur ayam saat berada di Bali.

Satai

Indonesia memiliki beragam jenis satai. Namun yang umum ditemukan adalah satai daging ayam, sapi atau kambing dengan siraman kuah kuning, kacang atau dicolek ke bumbu kecap yang sudah disediakan.

Makanan ini juga berhasil menarik hati wisatawan mancanegara. Aktor Korea Park Go Bum misalnya. Setibanya di Jakarta pada Januari 2017, ia langsung berburu kuliner khas Indonesia.

Dalam akun Instagram Mecimapro, promotor yang mendatangkan Park Go Bum, aktor Reply 1988 tersebut tampak sedang membeli satai dan durian.

He arrived yesterday and went around to taste some local foods in Jakarta,” tulis promotor tersebut.

Satai juga dijual di Inggris oleh warga lokal. Phil Davenport, pria asal Inggris ini kerap berjualan satai dengan nama Sate Pak Phill di acara-acara besar yang diselenggarakan warga negara Indonesia di sana.

Komentar
To Top