Mobil Mini Cooper Lokal Turun Harga Hingga Puluhan Juta Rupiah

Topik Dunia

Mobil Mini Cooper Lokal Turun Harga Hingga Puluhan Juta Rupiah

Mobil Mini Cooper Lokal Turun Harga Hingga Puluhan Juta Rupiah

Topikindo.com– BMW Group Indonesia merayakan untuk pertama kalinya perakitan lokal mobil MINI di dalam negeri. Sama seperti lokasi perakitan BMW, produksi lokal MINI dilakukan di pabrik milik grup Astra, Gaya Motor, di Sunter, Jakarta.

Model MINI pertama yang diproduksi di Indonesia adalah Countryman. Salah satu bahan pertimbangan model 5-pintu ini menjadi yang pertama karena menggunakan platform sama dengan BMW X1 yang sudah diproduksi lokal.

Seremoni di lokasi pabrik , menandai 48 unit Countryman yang masuk batchpertama produksi telah selesai.

Hingga tutup tahun ini, Gaya Motor bakal memproduksi total 192 unit Countryman. Jumlah itu terbagi dua, 96 unit untuk varian Cooper Countryman dan Cooper S Countryman Sports

Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia menjelaskan ingin terus meningkatkan produksi lokal. Sebelum Mini Countryman, BMW Group Indonesia sudah melokalisasi BMW Seri 3, Seri 5, Seri 7, X1, X3, dan X5.

“Indonesia merupakan pasar yang penting untuk strategi ini dan Mini memiliki potensi besar dalam jangka waktu menengah maupun jangka panjang. Inilah salah satu alasan Mini Indonesia memutuskan untuk merakit new MINI Countryman secara lokal,” Kata Ramesh.

Usaha perakitan lokal MINI mendapat apresiasi dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

“Menurut saya ini sebuah terobosan. Produk global bisa disesuaikan produksinya di indonesia. Kemenperin menyambut baik dan memberikan apresiasi dalam peningkatan investasi ini,” Kata Harjanto, Direktur Jendral Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin yang hadir saat seremoni.

Turun Harga Puluhan Juta Rupiah

Setelah dirakit lokal di dalam negeri, banderol Countryman menjadi lebih murah. Jodie O’tania, Head of Corporate Communication BMW Group Indonesia menjelaskan Countryman rakitan lokal lebih murah sekitar 10 persen dari versi impor utuh Belanda.

Versi lokal Cooper Countryman yang menggunakan mesin 3-silinder 1.500 cc turbo dijual Rp599 juta off-the-road. Sedangkan Cooper S Countryman S bermesin 4-silinder 2.000 cc dilego Rp769 juta off-the-road.

Komentar
To Top