Mobil Otonom Buatan Apple Kecelakaan ketika Uji Coba

Topik Dunia

Mobil Otonom Buatan Apple Kecelakaan ketika Uji Coba

Mobil Otonom Buatan Apple Kecelakaan ketika Uji Coba

Topikindo.com– Mobil otonom Apple ditabrak dari belakang ketika melaju di jalan bebas hambatan dekat Lembah Silikon, California di Amerika Serikat.

Insiden ini dibenarkan oleh pembuat iPhone yang sekaligus mengkonfirmasi bahwa perusahaan ini masih ikut dalam lomba pembangunan kendaraan otonom.

Pejabat-pejabat Apple sebelumnya tidak pernah secara terbuka berkomentar tentang program mobil otonom mereka, namun satu berkas pengadilan kriminal yang diajukan bulan lalu mengkonfirmasi bahwa perusahaan itu mempekerjakan setidaknya 5.000 pegawai dalam program itu.

Berkas pengadilan ini juga mengungkapkan proyek itu kini tengah membuat papan sirkuit dan “cip pengendali” untuk mobil otonom ini.

Apple memasuki ajang perlombaan teknologi yang sudah penuh dengan pesaing seperti Waymo, unit usaha Alphabet, atau startup Lembah Silikon seperti Zoox dan juga produsen kendaraan tradisional seperti Cruise Automation milik General Motors.

Perusahaan-perusahaan tersebut mengucurkan dana miliaran dolar untuk membuat kendaraan yang bisa dioperasikan tanpa pengemudi ini.

Pada 24 Agustus, kendaraan uji coba Lexus 450h milik Apple menerapkan “mode otonom” di jalan bebas hambatan Lawrence, California, dengan kecepatan satu mil per jam ketika ditabrak dari belakang oleh mobil Nissan Leaf tahun 2016 yang melaju dengan kecepatan sekitar 15 mil per jam.

 

Kedua kendaraan itu mengalami kerusakan namun tidak ada korban jiwa. Peraturan keamanan dari regulator California menyebutkan bahwa manusia harus bisa mengambil alih kendaraan otonom yang sedang diuji coba.

Juru bicara Apple mengkonfirmasi bahwa perusahaan itu telah mengajukan laporan insiden namun tidak membeberkan ricniannya. Dia menolak menjawab pertanyaan apakah kendaraan yang menabrak yang bersalah dalam kecelakaan ini.

Apple merahasiakan proyek mobil otonom miliknya selama bertahun-tahun hingga pesaingnya seperti Google mulai melakukan uji coba di jalan.

Komentar
To Top