Nih Lihat Penghasilan Para Youtuber Asal Indonesia, Sampai Puluhan Juta

Topik Bisnis

Nih Lihat Penghasilan Para Youtuber Asal Indonesia, Sampai Puluhan Juta

Bisnis telekomunikasi sekarang telah bergeser di era Internet. Jika dulu “menjual” pulsa menjadi hal yang utama dan mainan dari operator.Di era internet, subyek menjadi berubah ke pengguna. Di era rich content, pengguna bisa menjadi “sentral” permainan dan menghasilkan uang dari Internet.Tak percaya? Simak perkiraan penghasilan para Youtuber asal Indonesia yang nominalnya lumayan menggiurkan. Paling top kabarnya ada yang bisa menghasilkan Rp 62 juta. Artis seperti Raditya Dika kabarnya bisa mendapatkan Rp 45 juta per bulan.

Di Internet, semua bisa menjadi “subyek” dan “obyek” dari bisnis. Aplikasi Bigo Live menawarkan konsep mengumpulkan gift dari pengunjung ke Channel Broadcast pemilik akun yang bisa ditukarkan menjadi uang tunai. Misal, minimal penarikan 6.700 diamond akan setara dengan Rp 2 juta. Kesimpulannya, Anda bisa menghasilkan uang jika kreatif dan konsisten menghasilkan konten.

Namun, dibalik semua itu, ternyata ada bom waktu yang siap meledak dari pola bisnis yang mengandalkan konsep User Generated Content ini. Terutama bagi negara seperti Indonesia yang belum menentukan batas “demarkasi” dari wilayah virtualnya, tetapi memiliki norma ketimuran dan sangat sensitif terhadap konten berbau  Suku Agama Ras dan Antar Golongan, pornografi, terorisme, dan lainnya.

 


Komentar
To Top