Presiden Jokowi Mengatakan Indonesia Rugi Rp65 Triliun Gara-gara Macet

Topik Nusantara

Presiden Jokowi Mengatakan Indonesia Rugi Rp65 Triliun Gara-gara Macet

Presiden Jokowi Mengatakan Indonesia Rugi Rp65 Triliun Gara-gara Macet

Topikindo.com– Kemacetan yang kerap terjadi di jalanan DKI Jakarta dan daerah-daerah penunjangnya ternyata telah membuat puluhan triliun dana menguap dari Indonesia. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan itu berdasarkan perhitungan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Saya hanya membayangkan, hitungan Bappenas yang saya terima. Setiap tahun kita ini kehilangan kurang lebih Rp65 triliun per tahun karena kemacetan di Jabodetabek,” Ujar Jokowi saat membuka Rapat Terbatas ‘Pengelolaan Transportasi Jabodetabek’, di Kantor Presiden, Jakarta.

Jokowi menginginkan agar transportasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) bisa segara terintegrasi. Hal itu, katanya, untuk mendorong masyarakat beralih dari penggunaan kendaraan pribadi.

Jokowi berharap moda transportasi seperti Moda Raya Terpadu (MRT), Light Rail Transit (LRT), Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, Kereta Api Bandara, serta Transjakarta bisa terintegrasi dalam waktu dekat.

Mestinya kalau MRT jadi, LRT jadi, Kereta Bandara jadi, Transjakarta ada, betul-betul masyarakat kita dorong (menggunakan), sehingga mobil yang ada di jalanan betul-betul bisa berkurang secara besar-besaran,” kata Jokowi dalam Ratas dengan agenda

pembahasan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek tersebut.

Komentar
To Top