Topik Nusantara

Presiden Jokowi Mulai Menampung Masukan Terkait Dewan Pengawas KPK

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan masih menampung masukan-masukan pembentukan dewan pengawas KPK. Nantinya dewan pengawas dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo, bukan melalui panitia seleksi (pansel) sesuai UU KPK yang baru.

“Saat ini untuk dewan pengawas KPK kita masih dalam proses mendapatkan masukan-masukan untuk siapa yang nanti duduk di dalam dewan pengawas KPK,” ujar Jokowi di Kompleks Istana, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2019).

Sesuai aturan yang ada, dewan pengawas dipilih langsung oleh Jokowi. Ia memastikan dewan pengawas yang akan dipilihnya tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya.

“Untuk pertama kalinya tidak lewat pansel, tapi percayalah nanti yang terpilih beliau-beliau yang memiliki kredibilitas yang baik,” sebut Jokowi.

Dewan Pengawas KPK nantinya akan dilantik bersamaan dengan komisioner KPK yang baru. Pelantikan komisioner KPK baru dijadwalkan pada Desember mendatang.

“Untuk pelantikan DP KPK nanti akan bersamaan dengan pengambilan sumpah pimpinan komisioner KPK yang baru, yaitu di bulan Desember. Hal ini sudah tercantum di peraturan peralihan yang ada, di pasal 69a,” kata dia.

Seperti diketahui, dewan pengawas menjadi salah satu revisi dalam UU KPK yang baru. Dewan pengawas KPK ini dianggap dapat melemahkan penindakan di KPK.

Hal tersebut lantaran penyidik dan penuntut umum, penyadapan, penggeledahan, serta penyitaan harus seizin dewan pengawas. Dewan pengawas diangkat oleh Presiden.

Presiden Jokowi Mulai Menampung Masukan Terkait Dewan Pengawas KPK
To Top