Topik Nusantara

Siapakah Calon Terkuat Ketua MPR, Ini 20 Pimpinan MPR Periode 2019-2024

Jakarta – Pimpinan MPR sementara menggelar rapat gabungan bersama pimpinan fraksi MPR dan kelompok DPD. Dalam rapat itu, para pimpinan fraksi dan kelompok DPD telah mengajukan nama-nama calon pimpinan MPR 2019-2024.

Nama-nama yang diajukan tiap-tiap fraksi dan kelompok DPD dibacakan oleh Ketua MPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe seusai rapat di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

“Demokrat Syarief Hasan, dari PDIP Ahmad Basarah, PKB Jazilul Fawaid, PKS Hidayat Nur Wahid, PAN Zulkifli Hasan, Golkar Bambang Soesatyo, NasDem Lestari, Gerindra Ahmad Muzani, PPP Arsul Sani, DPD Fadel Muhammad,” kata Abdul Wahab.

“Pendeknya, rapat gabungan ini musyawarah mufakat. Di samping itu, untuk menerima pendapat fraksi-fraksi dan fraksi-fraksi menyampaikan calon masing-masing,” lanjutnya.

Nama-nama tersebut nantinya akan dimusyawarahkan untuk memilih Ketua MPR. Musyawarah digelar siang ini.

“Nanti hasilnya itu dimusyawarahkan siapa yang dipilih akan jadi ketua. Itu saja. Tapi tahulah orang yang ngomong ini kan bisa lima menit. Jadi nggak ada apa-apa. Pendeknya nggak ada bertengkar-tengkar. Musyawarah mufakat dan damai-damai saja semua,” tuturnya.

Abdul Wahab mengatakan, seusai musyawarah, rapat paripurna yang digelar malam nanti akan menetapkan dan melantik Ketua DPR. Namun, jika musyawarah tak sepakat dengan nama ketua, rapat paripurna akan melakukan voting.

“Tapi tampaknya semua ingin musyawarah. Jadi nggak ada apa-apa, ya. Nggak ada yang alot,” ujar Abdul Wahab.

Berikut nama-nama pimpinan MPR untuk periode MPR 2019-2024:

1. PDIP: Ahmad Basarah
2. Golkar: Bambang Soesatyo (Bamsoet)
3. Gerindra: Ahmad Muzani
4. NasDem: Lestari Moerdijat
5. PKB: Jazilul Fawaid
6. Demokrat: Syarief Hasan
7. PKS: Hidayat Nur Wahid
8. PAN: Zulkifli Hasan
9. PPP: Arsul Sani
10. DPD: Fadel Muhammad

Siapakah Calon Terkuat Ketua MPR, Ini 20 Pimpinan MPR Periode 2019-2024
To Top