Tatap Perempuan Lebih 14 Detik, Anda Bisa Dipenjara

Topik Dunia

Tatap Perempuan Lebih 14 Detik, Anda Bisa Dipenjara

Sebuah pernyataan mengejutkan berasal dari seorang pejabat perpajakan di Kerala, India, Rishiraj Singh. Ia mengeluarkan kebijakan kontroversial. Singh mengumumkan jika seorang pria menatap perempuan lebih dari 14 detik, maka ia bisa dipenjara. Pernyataan tersebut akhirnya memicu reaksi keras dari seluruh warga India.

Pada dasarnya, pernyataan tersebut dikeluarkan Singh dalam rangka untuk menjaga keselamatan kaum perempuan di India. Terlebih lagi, akhir-akhir ini, kasus kejahatan berupa pemerkosaan terus terjadi di India. Demikian sebagaimana dilansir Indian Express.

Selain memberikan pernyataan kontroversial, Singh juga meminta agar para perempuan belajar seni bela diri untuk melindungi mereka dari berbagai tindak kejahatan. Sebagai bentuk perhatian Singh, ia juga meminta kaum perempuan membawa senjata kecil dan semprotan  ke manapun mereka pergi serta melaporkan jika berada dalam kondisi terdesak.

Terkait hal ini, Pengacara Mahkamah Agung K V Dhananjaya menyebut Singh telah mengeluarkan pernyataan yang ceroboh. “Tidak ada ketentuan hukum seperti itu di negeri ini (India) dan peraturan seperti itu tidak mungkin diterapkan di manapun di dunia ini.”

Kendati demikian, pernyataan Singh ini perlu menjadi perhatian para petugas keamanan dan Pemerintah India. Terlebih lagi, selama ini terjadi banyak sekali kasus seksual terhadap kaum perempuan termasuk di Kerala. Merespons pernyataan Singh, para netizen di media sosial Facebook dan Twitter menjadi geram.

Komentar
To Top